Peluang Usaha Jualan Soto dan Jus Sayur di Bandung


Soto

Usaha warung soto memang banyak dicari masyarakat. Usaha ini memang mudah untuk dikerjakan. Lalu bagaimana perencanaan usaha soto ini, agar usaha warung soto ayam makin lancar. Simak penjelasan berikut ini.

Peluang Usaha Jualan Soto Sukses


PELUANG BISNIS TERBARU DI KOTA BANDUNG Peluang Usaha Jualan Soto dan Jus Sayur di Bandung

Berwirausaha dapat dilakukan oleh siapapun, asalkan mereka memiliki modal yang cukup, modal di sini bukan hanya sekadar uang, namunjuga sebuah keahlian pada bidang yang sesuai, serta pengetahuan yang cukup seputar usaha yang akan dibuat. Sebelum membangun sebuah usaha, seseorang perlu melakukan perencanaan. Seperti modal, hasil, dan lokasi. Berikut merupakan contoh perencanaan untuk membuat bisnis yang bergerak di bidang kuliner, kuliner di sini adalah membuat warung soto ayam.

  1. Persiapan Usaha Soto
  2. Dalam melakukan usaha soto, ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan untuk menjalankannya. Persiapan-persiapan yang dimaksud tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Lokasi
    2. Untuk membangun sebuah bisnis, perlu dipikirkan mengenai lokasi yang akan digunakan untuk mendapat penghasilan yang maksimal. Dalam dunia bisnis, lokasi menjadi pertimbangan yang cukup penting dalam membangun sebuah usaha. Seseorang dapat membangun bisnis atau usaha apa yang cocok dengan adanya tempat yang tepat. Lokasi juga dapat menentukan harga produk yang akan dipasarkan.

    3. Tenaga kerja
    4. Membangun sebuah usahajuga membutuhkan tenaga kerja atau karyawan yang akan membantu menjalankan usaha. Dalam perekrutan tenaga kerja, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya adalah sebagai berikut.

    • Keahlian
    • Sebaiknya kita, dalam merekruttenaga kerja, perlu disesuaikan dengan keahlian bisnis yang akan dijalankan. Apabila membuat bisnis di bidang kuliner, maka tenaga kerja yang dibutuhkan haruslah sesuai, seperti seorang koki atau pelayan. Jika bisnis yang akan dijalankan berskala besar, seperti restoran, maka usaha .ini membutuhkan seorang manajer keuangan. Sementara untyk untuk menjalankan bisnis warung soto, maka yang dibutuhkan adalah tenagajuru masak dan beberapa pelayan.

    • Etika
    • Etika juga sangat diperlukan dalam dunia bisnis, yaitu mengenai bagaimana seorang karyawan harus bersikap. Perhitungkanjuga mengenai kedisiplinan, tanggung jawab, rajin, jujur, dan ketekunan seorang karyawan.

  3. Pelaksanaan Usaha Soto
  4. Dalam menjalankan usaha warung soto, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pelaksanaan usahanya. Hal-hal yang dimaksud tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Mengeluarkan Modal
    2. Setelah semua persiapan terpenuhi, keluarkan dana untuk membeli bahan baku, membeli peralatan, untuk menyewa tempat, dan lain lain.

    3. Mencari Supplier
    4. Apabila seseorang menjalankan bisnis di bidang kuliner, maka seseorang tersebut harus memiliki langganan toko sembako atau pedagang daging dan sayuran untuk menyuplai bahan utama masakan soto. Dengan begitu, maka akan mendapat harga yang relatif lebih murah.

    5. Melakukan Tester
    6. Apabila resep soto sudah dikuasai, maka segeralah mempraktikkan untuk memasak. Setelah soto matang, bagikan ke beberapa teman atau tetangga untuk mencicipi makanan soto tersebut. Jika mereka sudah cocok dengan masakannya, maka tetapkan resep tersebut sebagai patokan untuk memasak.

    7. Renovasi Tempat Usaha .
    8. Renovasi tempat usaha merupakan sebuah proses pelaksanaan penting yang harus dilakukan. Dengan adanya renovasi, maka tempat usaha akan terlihat lebih menarik, dan pelanggan pun akan merasa lebih nyaman dengan kondisi tersebut.

    9. Membeli Perlengkapan
    10. Apabila semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah didaftar, maka perlengkapan itu sebaiknya segera dibeli.

    11. Menentukan Menu
    12. Semua produk yang akan dipasarkan, sebaiknya dibuatkan daftar menu yang menarik. Supaya pelanggan atau pembeli mudah untuk melakukan pemesanan.


      Baca Juga : Percaya Diri Merintis Bisnis Kecil Kecilan

    13. Menentukan Harga
    14. Membuat harga soto. Pada saat mulai membuka usaha soto, pastikan untuk tidak memikirkan soal keuntungan. Namun, pikirkanlah bagaimana cara menarik peIanggan atau pembeli yang sebanyak-banyaknya. Jika pelanggan sudah ramai, maka keuntungan akan datang dengan sendirinya. Jangan menetapkan harga soto yang mahal di awal jualan.

  5. Pemasaran Soto
  6. Untuk promo atau pemasaran soto, bisa dilakukan dengan cara memasang spanduk di warung tempat jualan soto. Dengan dipasangnya spanduk, maka banyak orang yang melihat dan mengetahui bahwa terdapat usaha warung soto. Selain pemasangan spanduk, pemasaran soto juga bisa dilakukan dengan cara membuat leaflet dan dibagikan di tempat-tempat yang ramai.

  7. Hambatan Usaha Soto
  8. Hambatan yang sering dialami oleh pedagang soto adalah tidak stabi|nya harga bahan baku. Bahkan harga ayam dan bumbu yang dijadikan sebagai bahan baku soto cenderung lebih sering naik, sehingga para pedagang soto kesulitan dalam menekan biaya produksi. Karena belum memungkinkan untuk menaikan harga, maka tindakan yang bisa dilakukan pedagang adalah mengurangi ukuran porsinya.

Bisnis Aneka Jus Sayur

  1. Potensi bisnis
  2. Sayur mempunyai banyak manfaat, salah satunya sebagai sumber vitamin A, yang dapat ditemukan pada wortel. Namun, ada sebagian orang tidak menyukai sayur. Jus sayur adalah salah satu alternatif supaya sayur dapat dikonsumsi oleh semua orang, baik anak-anak hingga orang dewasa, termasuk juga mereka yang tidak menyukai sayur.

    Selain enak dan lezat, jus sayur juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahan bakunya juga relatif mudah didapat, misalnya di pasar tradisional, supermarket, dan sebagainya.

  3. Kiat memuiai Bisnis
  4. Kiat-kiat di bawah ini mungkin bisa membantu kamu dalam membuka bisnis ini, di antaranya:

    1. Pilihlah bahan baku yang masih segar dan berkualitas baik.
    2. Siapkan tempat yang sesuai dengan konsep ‘ kamu. Tempat bisa kamu desain sedemikian rupa sehingga menjadi menarik.
    3. Pelajari mengenai aneka racikan ius sayur dengan rasa yang enak dan lezat, misalnya, menambahkan madu.
  5. Rintangan
  6. Bersiaplah menghadapi rintangan yang akan mengiringi. Rintangan-rintangan yang sering kamu temui biasanya seperti berikut.

    1. Banyaknya pilihan menu membuat konsumen bebas memilih menu yang mereka sukai. Terkadang jus menjadi pilihan yang terakhir.
    2. Tempat yang kurang strategis membuat konsumen enggan datang ke tempat usahamu.
    3. Ketika rasa yang kamu tawarkan tidak mempunyai ciri khas berbeda dari yang lain, konsumen cenderung berpindah ke pedagang sebelumnya.

    Usaha Jualan Aneka Jus Sayur dan Buah


    PELUANG BISNIS TERBARU DI KOTA BANDUNG Peluang Usaha Jualan Soto dan Jus Sayur di Bandung

  7. Strategi bisnis
  8. Strategi-strategi yang bisa kamu gunakan untuk memulai usaha ini antara lain:

    1. Pilihlah tempat yang strategis.
    2. Buatlah menu jus baru di tiap minggu.
    3. Buatlah ius dalam ukuran mini, kemudian titipkan pada supermarket, penjual sayur, dansebagainya melalui sistem titip-iual.
    4. Mengajukan penawaran jus sayuran untuk acara tertentu, misalnya dalam arisan.
  • Modal awal
  • Blender 3 buah Rp 1500.000
    Kulkas Rp 2.000.00
    Gelas plastik khusus jus Rp 200.000
    Jumlah Rp 3.700.000

    Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 2.000 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 3.700.000 Rp 2.000)/4= Rp 924.500 per tahun atau sama dengan (Rp 924.500 : 12) = Rp 77.100 per bulan.

  • Perkiraan laba/rugi per bulan
  • 	Asumsi pendapatan per hari @ Rp 5.000 
    	Rp 5000 x 50gelas x 24 	Rp 6.000.000
    	
  • Biaya-biaya
  • Penyusutan peralatan Rp 77.100
    Stok sayur Rp 1.000.000
    Susu dan gula Rp 500.000
    Listrik dan air Rp 500.000
    Sewa kios Rp 2.000.000
    Jumlah Rp 4.077.100
  • Laba bersih
  • Rp 6.000.000 – 4.077.100	Rp 1.922.900
  • Perkiraan modal kembali
  • RP 3.700.000 / 1.922.900	± 2 bulan