Percaya Diri Merintis Bisnis Kecil-Kecilan

Percaya Diri Merintis Bisnis Kecil-Kecilan – Seperti pendapat dari Surgana, “Jadikan bisnis kamu ladang uang yang selalu memberi keuntungan yang melimpah yang mengantarkanmu pada kebahagiaan dalam bersyukur dan berbagi.”

Selain yang telah dijelaskan sebelumnya, masih ada beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan diri seperti dijelaskan di bawah ini.

  1. Mengenali rasa ketidaknyamananmu
  2. Kamu ataupun saya pasti juga mempunyai sesuatu rasa ketidaknyamanan pada diri sendiri. Misalnya karena hidung pesek, kamu jadi mengutuki diri sendiri dan merasa tidak nyaman dengan teman-temanmu. Kamu pun berencana mengubah bentuk hidung kamu dengan cara operasi plastik. Padahal cara ini pun mempunyai efek yang tidak baik bagi tubuh kamu.

    Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah


    PELUANG BISNIS TERBARU DI KOTA BANDUNG Percaya Diri Merintis Bisnis Kecil-Kecilan

    Membuka usaha ? inilah hal yang bisa dilakukan adalah menulis semua rasa ketidaknyamanan pada diri sendiri pada selembar kertas. Kalau cara inipun tidak bisa membantu, kamu bisa bercerita atau curhat pada sahabat atau orang yang cintai. Dengan bercerita atau menuliskan ketidaknyamananmu pada diri sendiri akan membuatmu menjadi rileks kembali, yang paling utama adalah menanamkan pada diri sendiri bahwa no body’s perfect, ciptaan Tuhan adalah yang terbaik buat kita, maka berterimakasih dan syukurilah.

  3. Mengenali kesuksesanmu
  4. Bukan menjadi soal seberapa besar perasaan ketidaknyamananmu yang kamu rasakan. Tetapi ingatlah kamu masih mempunyai bakat atau talenta tertentu yang diberikan Tuhan kepadeamu. Jadi temukan bakat yang membuatmu merasa ahli dan jago di bidang tersebut. Kemudian fokuslah untuk mengembangkannya. Rendah diri atau minder bukanlah seagai pilihan untuk melepaskan ketidaknyamanan pada diri sendiri, tetapi justru akan memperkuat rasa ketidaknyamananmu.

  5. Belajar mensyukuri atas apa yang kamu miliki
  6. Akar persoalan dari perasaan ketidaknyamanan atau tidak percaya diri adalah perasaan yang selalu merasa kurang atas kepemilikan sesuatu. Entah itu pengakuan emosional, keberuntungan, uang dan sebagainya. Misalnya, selalu menggerutu karena kekurangan yang ada pada diri sendiri, seperti mengutuki kulit hitamnya., rambut keritingnya, ataupun sebagainya.

    Sebenarnya, dengan mengakui dan menghargai apa yang kamu punyai dan kamu dapatkan, maka kamu akan dapat melawan perasaan yang tidak utuh dan tidak puas. Ketika kamu dapat mengakui dan menghargai apa yang ada dalam dirimu, baik itu kelebihan maupun kekurangan, maka kamu akan menemukan kedamaian dalam diri dan akan membangkitkan rasa percaya dirimu.

  7. Selalu berpikiran positif
  8. Kalau kamu selalu merendahkan diri dan membenci diri sendiri, maka orang lain pun juga akan menganggap seperti itu. Maka dari itu, berbicaralah positif tentang dirimu, masa depanmu, tentang kemajuanmu. Jangan pernah takut menunjukkan kekuatan dan kualitas yang ada dalam dirimu.

  9. Berpakaian rapi
  10. Pakaian tidak serta merta akan membuat orang menjadi lebih berkualitas, tetapi berpakaian yang rapi dapat mempengaruhi cara berpikirmu terhadap diri sendiri. Coba bayangkan ketika kamu tidak terlihat bagus, maka perasaanmu juga tidak merasa bagus. Pakaian yang rapi dapat mengubah caramu membawa diri sendiri dan mudah berinteraksi dengan orang lain.

    Pakaian yang rapi tidak harus mahal, tetapi bersih, nyaman dan bisa menyesuaikan dengan situasi. Misalnya kamu diundang menghadiri acara formal, tidak mungkin kamu mengenakan kaos dengan celana pendek. Kamu pasti megenakan pakaian formal pakai berkerah berlengan pendek atau panjang, dan celana panjang.

  11. Berjalan dengan cepat
  12. Dilihat dari gaya berjalan, akan terlihat bagaimana kepribadi seseorang. Apakah suka berjalan lambat? Atau seperti kelelahan? Lemas? Energik? Perhatikan orang dengan rasa percaya diri yang bagus akan berjalan lebih cepat. Mereka memiliki tempat yang harus dituju, orang yang harus ditemui, pekerjaan yang harus dilakukan. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa meningkatkan kecepatan langkah jalanmu. Berjalan 25% lebih cepat dari sebelumnya. Ini akan membuat kamu terlihat dan merasa lebih penting.

  13. Berikan pujian secara tulis kepada orang lain
  14. Ketika berpikir negatif tentang diri sendiri, kadang kita juga melakukan hal yang sama terhadap orang lain dalam bentuk hinaan dan gosip. Maka dari itu, hindari hobi menggosip yang berujungnya dengan membicarakan keburukan orang lain. Daripada menggosip, lebih baik melakukan kegiatan yang positif.

    Cobalah memberikan pujian secara tulis kepada orang-orang di sekitarmu. Dari sikap ini, lama kelamaan kamu akan disukai banyak orang dan selanjutnya dengan mudah membangun kepercayaan dirimu. Dengan melihat sisi yang terbaik dari orang lain, maka secara langsung akan membawa hal terbaik pada dirimu.

  15. Duduklah di bangku paling depan
  16. Ketika kamu menghadiri suatu acara, kamu memilih duduk paling belakang. Hal ini menunjukkan kalau kamu kurang percaya diri. Cobalah memilih tempat duduk paling depan, hilangkan perasaan takut! Dengan memutuskan duduk paling depan, kamu sudah berhasil mengalahkan rasa takut yang tidak beralasan. Didasari ataupun tidak, dengan ini kepercayaan dirimu pun juga semakin tumbuh.

    Contoh Usaha Mulai dari Nol


    PELUANG BISNIS TERBARU DI KOTA BANDUNG Percaya Diri Merintis Bisnis Kecil-Kecilan


    Baca Juga : Artikel Sebelumnya

  17. Berbicaralah dan tersenyumlah
  18. Hasil penelitian membuktikan bahwa banyak orang takut berbicara saat berdiskusi ataupun rapat. Mereka beranggapan takut ditertawakan, takut pertanyaannya tidak relevan, taku berbicara konyol, dan lain-lain. Tetapi pada kenyatannya, orang lebih bisa menerima kamu daripada yang kamu bayangkan. Mulai sekarang cobalah berbicara ketika berada di dalam forum.

    Misalnya, mengajukan pertanyaan yang tidakkamu pahami. Kalau kamu masih diliputi rasa takut dan minder, cobalah menuliskan pertanyaan tersebut pada kertas dan bacalah pertanyaan itu. Jika ini tidak berhasil juga, kamu bisa mengatakan pada diri sendiri, “Saya bisa melakukannya.”

    Keberanian saat mengajukan pertanyaan merupakan salah satu bukti bahwa kamu sudah berhasil keluar dari rasa takut dan meningkatkan kepercayaan diri. Keberanian ini justru dianggap sesuatu yang positif oleh teman-temanmu. Mereka menganggap bahwa kamu mempunyai kepribadian yang penuh pecaraya diri dan pantas dijadikan sebagai leader. Disamping itu, jangan lupa selalu tersenyum, cobalah untuk tersenyum sesering mungkin. Dengan tersenyum, wajah kamu terlihat manis, penuh kehangatan dan rasa sayang,serta orang akan selalu welcome jika bertemu denganmu.

  19. Berolahraga
  20. Pikiran yang sehat muncul dari badan/fisik yang sehat pula, untuk itu, lakukan olahraga secara rutin, jagalah asupan pola makan, dan jalani hidup yang sehat. Coba kalau kamu sakit atau tidak fit, kamu pasti akan terlihat lemah tidak berdaya dan merasa tidak menarik. Ini akan menyebabkan kemerosotan mentalmu.

    Berbisnis haruslah perlu kepercayaan diri yang sudah terbentuk akan mengalami penurunan juga. Sedikit disiplin dalam hidup akan sangat membantumu meningkatkan kepercayaan dirimu.